Ekonomi

     Ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos yang berarti tumah tangga atau keluarga, sedangkan nomos, berarti hukum, aturan atau peraturan. Secara umum ekonomi diartikan sebagai manajemen rumah tangga atau aturan rumah tangga. Ekonomi merupakan ilmu sosial yang mempelajari kegiatan manusia yang berkaitan dengan konsumsi, distribusi, sampai prosuksi pada barang dan jasa. 

Definisi Ekonomi
     Ekonomi adalah salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang dan jasa. 
Ada beberapa definisi menurut parah ahli:

  1. Adam Smith, Ekonomi adalah penyelidikan tentang keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.
  2. Abraham Maslow, Ekonomi adalah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menyelesaikan masalah keperluan asas kehidupan manusia melalui pengembangan segala sumber ekonomi yang ada, dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

Jadi ekonomi disimpulkan suatu ilmu yang penting dalam kehidupan manusia, karena dalam kehidupan sehari-hari ekonomi  sangat diperlukan contohnya saat kita melakukan transaksi jual beli barng banyak memenuhi kebutuhan sehari-hari. 
Ekonomi adalah sebagai pengukur tingkat kemajuan suatu negara, apakah Negara tersebut ekonominya dapat berkembang dengan baik atau keadaan ekonominya sedang buruk.

Semoga bermanfaat,,
salam satu ilmu


Subscribe to receive free email updates: