Matematika

Matematika bukan hanya sekedar segala sesuatu yang berhubungan dengan angka dan bilangan. Untuk mendeskripsikan definisi kata matematika para matematikawan belum pernah mencapai satu titik kesepakatan yang sempurna. Banyaknya definisi dan beragamnya deskripsi yang berbeda dikemukakan oleh para ahli.

Matematika berasal dari kata yunani "mathematika" adalah studi besaran, struktur, ruang dan perubahan. Matematika adalah ilmu tentang berfikir dan bernalar tentang bagaimana cara memperoleh kesimpulan-kesimpulan yang tepat dari keadaan.

Berikut definisi matematika dari para ahli:

  1. Owen A. Mcball, mendefinisikan matematika sebagai suatu aktivitas manusi sehari-hari yang penting untuk kehidupan saat ini dan masa depan.
  2. A. Dadi Permana, matematika adalah ilmu dasar yang dapat digunakan sebagai alat bantu memecahkan masalah dalam berbagai bidang ilmu, seperti: ekonomi, akuntansi, astronomi, geografi, dan antropologi.
  3. Ani Ismayani, matematika adalah segala hal yang berkaitan dengan pola aturan bagaimana aturan itu dipakai untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan.

Sebenarnya masih banyak lagi definisi -definisi mengenai matematika yang bermunculan, sekarang tinggal bagaimana merenungi dan memahami apa sebenarnya matematika itu.

Semoga bermanfaat, salam satu ilmu







Subscribe to receive free email updates: